Monday 15 August 2016

Sejarah Dan Pentingnya Algoritma Dalam Pemrograman

Pentingnya Algoritma Dalam Pemrograman

Dalam pembuatan sebuah program ada beberapa factor yang harus di pertimbangkan,dan kebenaran logika. Sintaksis dapat di artikan sebagai tata bahasa yang di gunakan dalam program. Semantic adalah maksut yang di kandung pada setiap pernyataan di dalam program. Sementara kebenaran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan pernyataan serta prosedur yang ada di dalam program, atau yang biasa di sebut dengan algoritma.



Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumoulan perintah, yang saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat di terjemahkan secara bertahap pada setiap tahap dari awal hingga akhir. Dalam penyusunannya d perlukan suatu logika agar algoritma yang di hasilkan sesuai dengan yang di harapkan. Algoritma merupakan bagian yang terpenting dan tidak dapat di pisahkan dari pemrograman. Meskipun semantic dan sintaksis yang di buat benar adanya,dengan algoritma yang keliru,permasalahan yang ingin di pecahkan dengan teknik pemrograman tidak akan behasil. Oleh karena itu untuk membuat program aplikasi hal pertama yang harus kita pahami adalah adalah algiritma atau pemecahannya. Hal ini bertujuan agar program yang talah di buat dapat sesuai dengan yang di harapkan.

Berikut adalh beberapa hal ynag harus di pertimbangkan untuk membuat sebuah algoritma.
1.    Algoritma yang di buat haruslah benar, artinya algoritma harus memberikan ouput yang bagus. Dengan algoritma yang benat algoritma yang di hasilkan dapat di capai.
2.    Selain benar algoritma juga harus efektif. Maksutnya seberapa baik algoritma yang di di gunakan mendekati hasil yang di harapkan. Hal ini sangatlah penting terutama jika permasalahan yang di hadapi cukup runit dan memerlukan perkiraan hasil sedekat mungkin.
3.    Algoritma yang di gunakan juga harus efektif. Efisiensi sebuah algoritma dapat di tinjau dari efisiensi waktu dan memori yang di gunakan. Meskipun algoritma yang di gunakan mendekati yang di harapkan , namun jika memmbutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan berjam jam, biasanya algoritma itu akan jarang di pakai.

1.1.        Sejarah Algoritma

Kata algoritma berasal dari kata penulis buku arab yang terkenal, yaitu abu ja’far Muhammad ibnu musa al-khuwarizmi. Karena pengucapan yang berbeda, masayarakt eropa ( barat) menyebutnya dengan kata algorism. Al-khuwarizmi mennulis buu yang berjudukl kitab al- jabar wa-muqabala (buku pemugaran dan pengurangan). Kata algorism berarti proses menghitung dengan anga arab. Perubahan kata algorism menjadi algoritma muncul karena kata algorism sering di kelirukan dengan aritmethic sehingga akhiran –sm  berubah menjadi –thm . karena perhitungan dengan angka arab suda biasa, lambat laun kata algorithm di pakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum sehingga kehilangan makna kata aslinya. Di Indonesia kata algorithm di serap sebagai algoritma.

1.2.         Pentingnya Algoritma

Mengapa algortima sangat penting kaitannya dengan pemrograman ? larena selain untuk menyelesaikan masalah komputasi pengurutan data, a;goritma juga di pakai untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks seperti berikut :

1.    Pengidentifikasian DNA manusia dapat di buat dengan algorima. Sebuah kompeks riset the human genome project telah mengidentifikasi 100.000 gen pada DNA manusia. Menyimpan informasi dalam basis data agar dapat di analisis di kemudian hari. Dengan menggunakan algoritma yang sangat rumit, para peneliti dapat memecahkan permasalahan dalam bidang biologi (kaitannya dengan kesehatan) seperti penyakit kanker.

2.    Manfaat lain dari penggunaan algoritma tampak dalam teknologi internet. Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat sekarang ini membuat masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Penyampaian informasi tersebut tentunya memerlukan rute (jakur) agar informasi yang di inginkan dapat di terima dengan baik. Dengan algoritma perutea(routing protocol)  seperti algoritma dijkstra , permasalahan tentang pengiriman data dapat di pecahkan.

3.    Algoritma juga dapat di aplikasikan dalam dunia bisnis. Dengan semakin berkembangnya teknologi e-comerce , transaksi pembayaran dengan kartu pintar atau dengan kartu kredit membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Dengan menggunakan teknik kriptografi dan digital signatur , kemanan transaksi keuangan  menjadi hal yang tidak perlu di takutkan lagi.

Masih banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat di pecahkan dengann algoritma. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pemahaman dasar tentang logika dan struktur data untuk memudahkan kita menyelesaikan suatu program.



Sumber : buku dasar pemrograman algoritma dan struktur data karya cipta ramadhani,S.T.,M.Eng



No comments:

Post a Comment